Sunday, October 4, 2020

Hobi - Memancing "Mengenal Hoby Memancing" #1

Memancing merupakan hobi yang disukai oleh banyak orang tanpa mengenal kalangan. Rutinitas kegiatan sehari-sehari yang terkadang membuat beberapa orang membutuhkan hiburan merupakan salah satu penyebab hobi memancing banyak digemari. Selain itu beberapa orang juga memilih hobi memancing untuk mengisi waktu luang.

Untuk melakukan kegiatan memancing pada dasarnya hanya membutuhkan tongkat pancing (joran), tali, kail, umpan dan tentu saja spot memancing seperti sungai, danau, empang, atau laut. Dari beberapa unsur tersebut tentunya tidak terlalu susah mentekuni hobi ini. Beberapa dari teman pengbobi memancing kita hanya mengeluarkan sedikit budgetnya unuk menikmati hobi ini, namun beberapa juga perlu mengeluarkan budget yang cukup besar hanya untuk memancing. Besarnya budget yang dikeluarkan tergantung dari spesifikasi alat pancing dan akomodasi menuju spot pancing yang dituju.

Secara umum, untuk memulai hobi ini ada baiknya kita memulainya dengan perlengkapan yang standar, namun tidak usah mengeluarkan budget yang lebih untuk belajar. Cukup menggunakan alat-alat yang dapat dijangkau secara ekonomi karena akan menyesal jika alat lebih dulu rusak sebelum bisa digunakan. 

Adapun alat-alat yang standar digunakan untuk pemula yaitu:

Joran

Joran merupakan alat yang digunakan sebagai tongkat pancing yang akan membantu kita untuk menjangkau area-area yang sulit dijangkau, bahkan membantu kita untuk melempar kail ketempat yang jauh. Ada banyak jenis joran tergantung dari Rell atau teknik yg akan digunakan untuk memancing. Buat pemula penulis sarankan untuk menggunakan Joran untuk rell spining karena jenis joran dan rell tersebut bisa digunakan untuk banyak teknik memancing. Gunakan jenis medium dan ukuran lebih dari 2 meter karena cukup membantu anda untuk melempar umpan anda ke tempat yang anda inginkan


Rell
Rell merupakan alat yang berfungsi untuk menyimpan benang dan menggulung benang. Ada banyak jenis rell yang digunakan sesuai dengan teknik memancing yang akan digunakan. Seperti pembahasan sebelumnya, untuk pemula baiknya mengunakan rell spining. Khusus untuk rell spining pun ada banyak ukuran, gunakanlah ukuran 2000 hingga 5000. Ukuran rell tersebut selain berkaitan dengan ukuran benang yang ditampung juga berkaitan dengan drag atau tarikan yang bisa ditahan sebuah Rell saat fight dengan ikan. Semakin besar ukura  rell nya  maka semakin banyak tali yang ditampun dan juga kekuatan drag nya semakin besar. Hanya saja, jika menggunakan rell yg cukup besar, contoh 10,000 tentunya ukurannya juga akan sangat besar dan berat dan cukup mengganggu, sehingga penulis menyarankan untuk diawal menggunakan rell ukuran 2000 hingga 5000 sesuai dengan kekuatan joran yang dipilih.

Tali atau Senar
Tali atau senar merupakan bagian yang penting saat memancing. Ada beberapa jenis senar yang biasa digunakan yaitu Nylon, Carbon, dan PE. Dari segi kualitas, yang paling kuat dan ringan adalah jenis tali PE, hanya saja harganya cukup mahal diantara ke tiga jenis tali tersebut. Untuk pemula, tidak disarankan menggunakan PE karena lebih cepat kusut dan perlu ditambahkan leader karena sifatnya yang lebih mirip tali biasa (tidak transfaran). Tapi jika anda ingin memulai dengan teknik casting, PE adalah yang paling rekomended, karena sifarnya yang ringan, akan membantu anda untuk melempar Lure (umpan) anda lebih jauh.


Kail

Untuk menentukan ukuran kail yang akan dipakai sesuaikan dengan target ikan yang akan dipancing. Ukuran kail ditandai dengan nomor yang disesuaikan dengan diameter kailnya. Saat akan pergi memancing, ada baiknya menyediakan 2 ukuran kail yang berbeda.


Umpan

Jenis umpan yang akan digunakan harus disesuaikan dengan teknik memancing yang akan digunakan. Apakah menggunakan teknik dasaran, casting, jigging, dll. Faktor lainnya harus disesuaikan dengan ikan target dan kondisi spot mancing. Memperbanyak literatur/ informasi terkait spot yang akan dituju sangat penting untuk menentukan teknik memancing dan umpan yang akan digunakan.


Berikut adalah hal-hal dasar yang perlu diketahui saat ingin memulai hobi memancing. Penulis harap literatur ini cukup membantu teman-teman untuk memulai hobi ini. Selanjutnya akan kami bahas hal-hal lain dalam blog ini.


Terima kasih 

1 comment:

  1. KEMENANGAN DI OPERA BEGITU BAGUS KARTU YANG DIBAGIKAN.
    MASIH TIDAK PERCAYA DENGAN KITA, BUKTI SUDAH DI DEPAN MATA.
    BURUAN MAINKAN SEKARANG DAN RAIH KESEMPATAN MENANGNYA Di 88opera.(info)
    Bonus di Opera88 :
    – Rollingan 0.3% Setiap 5 Hari
    – Referral sebesar 15% seumur hidup
    – Jackpot Spesial (berbeda-beda di setiap permainan)
    Fasilitas Bank Yang Disediakan :
    – BCA
    – MANDIRI
    – BRI
    – BNI
    – DANAMON
    – TELKOMSEL
    – XL ( AXIS)

    ReplyDelete

Review Undang Undang Cipta Kerja Omnibus Law #Hubungan Kerja

 Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh Sebelumnya kita sudah membahas terkait Undang-undang cipta kerja terkait tenaga kerja asing. Sa...